Jumat, 23 Januari 2009

BMW Sauber Siap Menyaingi McLaren dan Ferrari


VALENCIA, RABU — BMW Sauber menjadi tim F1 keenam yang berpartisipasi di musim balap 2009 setelah memperkenalkan mobil balap barunya, F1.09, di sirkuit Valencia, Spanyol, Selasa (20/1). Tim milik pabrikan mobil Jerman yang bermarkas di Swiss ini merupakan kubu yang tahun lalu sudah menguji paket aerodinamika dan tahun ini siap bersaing merebut gelar.

Koordinator teknik BMW Willy Rampf mengatakan, peraturan baru sekarang ini merupakan tantangan untuk menciptakan mobil baru. "Mengembangkan mobil F1 baru selalu menggairahkan. Namun, sekarang ini, kami justru memulainya dari awal," bilang Willy.

Konsentrasi paling utama adalah pada adanya penggantian ban dari jenis ban beralur (grooved) kembali ke slick (tanpa kembangan) yang lebih mencengkeram. Ban tanpa alur membuat kontak ban depan ke aspal lebih besar dan daya cengkeram lebih besar pada ban belakang.

sumber : kompas

Willy membocorkan kalau concept study F1.09 sudah dimulai sejak Februari 2008 dan termasuk program normal bagi BMW yang mengawali dua bulan sebelum musim kompetisi 2008 start.

Managing Director Team Walter Riedl mengatakan bahwa pengembangan F1.09 dipusatkan dengan mengoptimumkan fungsi kerja ban yang terintegrasi dengan Kinetic Energy Recovery System (KERS). Karena BMW Sauber tercatat sebagai tim pertama yang melesat dengan KERS musim ini.

Diakui oleh BMW bahwa F1 dijadikan laboratorium teknologi untuk seri-seri produksi. Makanya, setiap ada perubahan di F1, hal itu disikapi dengan positif.

Robert Kubica yang diberi kepercayaan menjajal F1.09 begitu usai launching menyebutkan bahwa dirinya akan konsentrasi tahun ini. "Karena situasinya kini sangat berbeda dan semua orang punya pandangan yang berbeda pula," bilangnya.

Kalau tahun lalu, lanjutnya, target tim finis di posisi tertinggi, sekarang ini sudah lain. Pembalap harus lebih kerja keras dengan target lebih tinggi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar