Rabu, 28 Januari 2009

Tugas Semester Komputer Jurnalistik

Menurut saya tren media online saat ini cukup baik dengan majunya teknologi informasi maka indutri media mengikutinya agar tidak ketinggalan, dengan adanya media online masyarakat tidak harus membeli media cetak, tetapi bukan berarti bahwa media cetak akan di tinggalkan karena media online membutuhkan akses ke jaringan internet sedangkan media cetak tidak perlu karena media cetak mudah didapatkan, harganya yang terjangkau, serta dapat masuk ke desa, sedangkan media online memiliki biaya yang cukup tinggi dan tidak semua desa memiliki akses jaringan internet.
Akan tetapi media online sudah mulai menjamur di karenakan biaya untuk mencetak dan kertas akan mengalami kenaikan, dan mau tidak mau setiap media cetak perlu mempertimbangkan media online karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak dan biaya kertas.

Menurut saya setiap perguruan tinggi perlu memiliki website yang interaktif dengan mahasiswa karena dengan memiliki website yang interaktif mahasiswa ataupun pegawai di lingkungan perguruan tinggi akan lebih mudah mengaksesnya saat mencari informasi.
Sistem manajemen konten: content management System, disingkat (CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
• aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
• aplikasi pengiriman isi (Content Delivery Application [CDA]).
Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language), untuk mengatur pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. 
Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si pemilik situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.
Menurut saya, website atau CMS yang sesuai untuk perguruan tinggi adalah dengan membuat interface yang mudah dipahami oleh pengguna, agar pengguna tidak bingung saat mengaksesnya, dengan interface tang mudah dipahami maka setiap pengguna dapat menikmati situs website yang telah mereka pahami serta dapat mengangkat penilaian perguruan tinggi tersebut.
 Interface pengguna dan pemilihan warna hendaknya jangan terlalu terang atau terlalu gelap, karena jika interfacenya terlalu terang maka mata pengguna akan cepat lelah, sedangkan jika terlalu gelap maka pengguna akan susah membaca atau melihat isi dari website tersebut. Lebih baik gunakan warna – warna yang soft agar mata pengguna tidak mudah lelah dan mudah membaca atau melihat.
 Untuk pemilihan jenis huruf dan ukurun dalam website haruslah yang mudah dibaca agar pengguna tidak kesulitan untuk membacanya, untuk jenis huruf bisa menggunakan huruf yang mudah di baca seperti arial, Calibri, times new roman, dan sebagainya. Untuk ukuran huruf, untuk judul atau kepala website bisa menggunakan ukuran yang besar yaitu 18 dan untuk sub judul 16, sedangkan untuk isinya bisa dengan huruf 10.
 Agar website lebih menarik bisa juga ditambahkan gambar animasi atau gambar bergerak yang sesuai dengan situs tersebut. Dengan demikian website akan lebih terasa hidup.
 Sedangkan untuk tombol – tombol navigasi bisa membuat yang lebih menarik dan menambahkan efek khusus seperti efek bayangan,3D, warna candytone, ribbon atau glass. Dan menambahkan link – link untuk kemudahan pengguna dalam mengakses informasi yang dicarinya. Seperti link directory atau arsip informasi, atau agar lebih mudah dengan menambahkan tombol search.
 Jika ada pengguna yang hendak mendownload atau mengupload konten atau isi dari website maka diberikan link. Agar lebih terkontrol, pengguna yang akan mengupload konten kedalam website hendaknya harus masuk atau log in atau sign up agar lebih menjamin keamanan.
 Dalam pemantauan dan pengamanan situs hendaknya di perguruan tinggi tersebut memiliki bidang atau bagian yang menangani web tersebut agar lebih terjamin keamanan yang isinya adalah orang – orang yang terbiasa dengan program web atau seorang webmaster.
 Dan agar tidak membosankan website tersebut perlu di update dalam jangka waktu setahun sekali dengan tidak mengesampingkan isi dari web tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar