Kamis, 22 Januari 2009

Krisis Amerika, Hyundai Lari ke Ceko


AMERIKA, SELASA - Efek dari krisis eknomi yang sedang melanda Amerika tak cuma terkena pada pabrikan mobil Jepang, tapi juga dari Korea. Prinsipal dari negeri ginseng ini terpaksa memotong produksinya di pabrikanya di Amerika lantaran kondisi ekonomi yang melemah. Kendati begitu, mereka telah menyiapkan pabriknya yang baru di Eropa Timur.

Menurut pabrik Hyundai di Alabama (Hyundai Motor Manufacturing Alabama), fasilitas yang di Montgomery tetap beroperasi sampai akhir tahun dengan jumlah produksi diturunkan dan 11 hari istirahat. "Sejumlah faktor ekonomi di luar kontrol kami membuat permintaan menurun, terutama di Amerika Serikat," bilang jubir HMMA, Robert Burn, Selasa (21/10). Dengan menurunnya pemasaran sampai dua digit, lanjut Robert, pihaknya tidak bisa memproduksi sampai ke tingkat paling tinggi.

Pabrik di Montgomery berdiri mei 2005 dengan memproduksi Sonata dan SUV (sport utility vehicle) Santa Fe. Total penjualan Hyundai di Amerika tahun ini sampai September mencapai 25,4% dengan 24.765 unit.

Untuk meningkatkan pendapatannya, tentu bukan di Amerika, menurut pimpinan Hyundai, Chung Mong-Koo, pihaknya akan menjual mobil-mobil kecil di Eropa. Tak cuma itu, seperti dilansir AFP, pabrikan mobil Korea Selatan itu juga telah mengembangkan sayapnya ke Eropa Timur.

Pada awal Nopvember ini, Hyundai Motor Co. Ltd siap memperkenalkan produk hasil pabrik barunya di Ceko. Kehadiran di Republik Ceko membuat Hyundai tercatat sebagai produsen mobil terbesar ketiga di negeri yang industri mobilnya menyumbang 18% dari PDB Ceko setelah Skoda Auto dan TPCA (perusahaan patungan Toyota Motor Co. dan PSA Peugeot Citroen).

Hyundai sendiri dengan kelima pabriknya di Nosovice sebelah timur kota Ostrava, telah menggelontorkan dana sebesar Rp 13 triliun lebih. "Berbagai keperluan sudah beres sampai akhir Oktober, lainnya akan rampung November," komentar pimpinan Hyundai di Ceko, Vaclav Kocich.

Kocich menegaskan, sebagai tahap awal akan memperkerjakan 350 staff dengan memproduksi 600 ribu girboks untuk lima tipe dalam setahun. Termasuk juga menyuplai transmisi ke pabrik Kia Motors di baratdaya Slovakia, separuhnya dari total yang dibutuhkan.

Sekarang ini, Hyundai memperkerjakan 2.000 pegawai di ceko dan memproduksi 200.000 unit i30 setahun untuk memenuihi pasar Eropa dan meninggkat 300.000 unit pada 2011 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar